PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL DI SMP NEGERI 5 PAMBOANG
UTILIZATION OF WORDWALL MEDIA AS A DIGITAL LEARNING INNOVATION AT SMP NEGERI 5 PAMBOANG
Keywords:
Media wordwall, Digital Learning InnovationAbstract
Media digital adalah salah satu sumber daya pendidikan yang tersedia di zaman sekarang ini, termasuk wordwall. Wordwall merupakan platform situs web yang menawarkan berbagai permainan kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan media wordwall dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 5 Pamboang. Permasalahan yang dihadapi yaitu minimnya Pemanfaatan inovasi digital dalam penerapan media pembelajaran di SMP Negeri 5 Pamboang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, penelitian kualitatif merupakan pendekatan penelitian untuk mengidentifikasi dan memahami fenomena utama. Kualitatif bertujuan untuk memberikan makna, pengetahuan yang menyeluruh, dan gambaran pengalaman. Hasil dari pemanfaatan media wordwall dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pamboang menunjukkan hasil yang positif. Media wordwall berhasil meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif berinteraksi dalam kelas ketika menggunakan media ini. Kemudian peserta didik lebih tertarik dan termotivasi untuk mengikuti game kuis yang diberikan yang ada dalam media wordwall.
References
Apriansyah, Ryan, Yunisa Azahra, Futri Nur Insani, dan Usep Setiawan. “Kajian Terhadap Pemilihan Media Dan Pengimplementasianya Bagi Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (11 Mei 2023).
Hamidah, Laili Maghfirotul, Sindi Ambarwati, Melisa Agustina, Syarifah
Muzammil, dan Anisa Ulfah. “Pemanfaatan Media Digital Berbasis Web Assemblr Studio Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 7, no. 3 (18 Agustus 2024).
Khoriyah, Rifatul, dan Abdul Muhid. “Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 25 Oktober 2022.
Miftakhul Jannah dan Eli Masnawati. “Penerapan Aplikasi Wordwall untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS) 2, no. 4 (31 Juli 2024).
Paling seoling, dkk, media pembelajatran digital, makassar: CV Tohar Media, 2024.
Prof. Dr. Sugiyono, _Metode penelitian kualitatif yang bersifat: Eksplor, enterpretif, interaktif, dan konstruktif, Bandung: ALFABETA, CV, 2023.
Setiawan, Yosef, dan Dedi Andrianto. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama
Islam di SMPN 02 Abung Pekurun.” Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (3 September 2024).
Syabilla Suci Rezani, Eggie Nugraha, dan Lili Sadeli. “Penerapan Metode Picture And Picture Berbantuan Media Digital Wordwall Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasif Kelas Viii Di Smp Pasundan 1 Bandung.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 2, no. 2 (16 Juni 2023).
Sabitha, Putri Cahya, dan Cahyo Hasanudin. “Pemanfaatan Aplikasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran Seru bagi Anak Sekolah Dasar,” 2024.
Saiful Rizal, Ahmad. “Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital.” Attanwi: Jurnal Keislaman dan Pendidikan 14, no. 1 (29 Maret 2023).
Savira, Annisa, dan Rudy Gunawan. “Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (17 Juni 2022):
Zulfiah, Nadhirotuz. "Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa". Publimedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia1, no. 1 (4 Oktober 2023).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alma Mutia, Nur Insani, M Ma'ruf, Saddam Husain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.