PEMBERDAYAAN GURU MADRASAH MELALUI PENDAMPINGAN MENULIS DAN PUBLIKASI ILMIAH
Keywords:
pendampingan, guru madrasah, karya ilmiah, publikasi, daringAbstract
Kegiatan pemberdayaan guru madrasah melalui pendampingan menulis dan publikasi karya ilmiah merupakan salah satu bentuk kegiatan pen-dampingan terstruktur dan berkelanjutan bagi guru madrasah yang saat ini diwajibkan untuk menulis karya ilmiah dan melakukan publikasi. Kelompok sasaran kegiatan ini, yaitu sebanyak 56 guru madrasah dari berbagai dae-rah di Indonesia. Pemilihan kelompok sasaran tersebut didasari oleh kon-disi sumber daya guru madrasah yang dilihat dari segi produktivitas masih banyak yang tergolong rendah. Pendampingan dilakukan dengan cara sinkronis melalui media tatap muka daring Zoom Meeting pada tanggal 3 Februari 2024. Dalam pertemuan ini dibahas beberapa materi penunjang utama antara lain; penguatan penulisan karya ilmiah, etika penulisan karya ilmiah, teknik penulisan karya ilmiah, dan pemanfaatan Aplikasi Mendelay dalam penulisan karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi secara daring. Hal tersebut bertjuan untuk mengakselerasi peserta dapat memahami materi, baik secara teoretis maupun praktis. Luaran kegiatan pendampingan ini adalah peserta dapat menghasilkan karya ilmia yang siap untuk dipublikasikan.
References
Amalia, N. F., & Zuhro, D. H. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu, 6(2), 2370–2379.
Darmalaksana, W. (2017). Panduan publikasi ilmiah: Perangkat aplikasi, standar penulisan dan etika kepengarangan.
Ekawati, D., Yuliawati, S., & Mawarrani, R. E. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di Kelurahan Benteng Kota Sukabumi. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(1), 24–30. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i1.29675
Harjanti, F. D., Anam, F., Muharlisiani, L. T., & Kirana, A. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel dan Publikasi Ilmiah Bagi Guru-Guru Peserta Pendidikan Profesi Guru Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 875–882.
Kusumaningsih, D., Darmayanti, R., & Latipun, L. (2024). Mendeley Software improves students’ scientific writing: Mentorship and training. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Muhsyanur, Dina Ramadhanti, Kartini, Iwan Rumalean, M. I. (n.d.). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Siswa Sekolah Dasar tentang Keuntungan Pembelajaran Berbasis Digitalisasi (Dalam Jaringan) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia (JPKM-MC), 21–27. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/983
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207–212.
Pratama, A., & Fitria, W. (2024). Guru Menulis untuk Publikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahmadi. (2019). Membangun Profesionalitas Guru Madrasah. Di-akses dari https://kalsel.kemenag.go.id/opini/649/Membangun-Profesionalitas-Guru.
Ramadhanti, D., Yanda, D. P., & Muhsyanur, M. (2021). Scholarly Text Writing Workshop: Unlocking Weaknesses in Article Writing. Rangkiang: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 55–64.
Saputri, S. N., Rifqi, A., & Darmalaksana, W. (2023). Kebutuhan Berprestasi dalam Publikasi Ilmiah: FGD Mahasiswa BIB Kemenag LPDP Program Studi PAI Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal AbdiMU (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 23–27.
Siddik, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi. Tunggal Mandiri Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhsyanur Muhsyanur, Muhyiddin Tahir, Dina Ramadhanti, Lukman Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.