PENDAMPINGAN METODE TASMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN PADA ANAK PENGAJIAN
ASSISTANCE WITH THE TASMI METHOD IMPROVING MEMORIZING THE AL-QUR’AN IN RELIGIOUS CHILDREN
Keywords:
Al-Qur'an, Hafalan, Metode Tasmi, Pendidikan Agama, Pengabdian MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur'an di kalangan anak-anak di Mesjid Cilulumpang melalui penerapan metode Tasmi. Topik ini penting karena pendidikan agama, terutama penghafalan Al-Qur'an, sangat krusial bagi perkembangan spiritual anak-anak. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan pengamatan langsung dan evaluasi terhadap perkembangan hafalan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah surat yang dihafal, meskipun terdapat tantangan terkait variasi kemampuan anak. Temuan ini menekankan pentingnya dukungan sosial dan metode pengajaran yang efektif dalam pendidikan agama. Implikasi dari hasil pengabdian ini diharapkan dapat menjadi model bagi program pengajaran Al-Qur'an di kalangan Masyarakat.
References
Anwar, M., & Harahap, R. (2020). Effectiveness of Tasmi method in Quran memorization for children. Journal of Islamic Education Research, 12(1), 45-60.
Artikel, I. (2023). Program BTQ siswa-siswi MDTA. [Jurnal tidak teridentifikasi], 2(1), 16–25.
Hodijah, S., & Supendi, D. (2021). Pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur'an terhadap kecerdasaan spiritual peserta didik kelas X di MA Al-Huda Jatiluhur. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(2), 77–93.
Megawati, I., Mukti, S., Setiawan, U., Narkum, N., & Ahmadiah, D. (2024). Pendampingan membaca Al-Quran menggunakan metode Ummi pada mahasiswa Teknik Informatika di STT Wastukancana Purwakarta. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1476-1481.
Muhsyanur. (2024). Menggali potensi, mengembangkan solusi: peran vital pengabdian masyarakat. 1(1).
Nadiyah, K. (2024). Dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an santri putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ebqory [Skripsi tidak diterbitkan]. Universitas Islam Negeri.
Rahman, A., & Yuniar, S. (2021). The role of listening in Quran memorization: A study on Tasmi method. Proceedings of the International Conference on Education and Learning, 5(2), 89-98.
Saputra, D. (2021). Implementasi metode tasmi' dan takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 160-182.
Suhardi, T. (2019). Parental involvement in children's religious education: Implications for Quran memorization. Education and Religion Journal, 8(3), 32-50.
Supendi, D., Akib, & Ubaidilah. (2024). Manajemen pendidikan Islam. Sulur Pustaka.
Supendi, D., & Bumi, A. R. (2023). Pendampingan menghafal Al-Qur'an dengan menggunakan metode Ummi di Pengajian Qur-rata A'yun. Dedicate: Journal of Community Engagement in Education, 2(1), 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Lutfi Haqiqi, Narkum, Dede Supendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.