MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA YANG KREATIF DAN MANDIRI UNTUK SISWA SISWI SMA NEGERI 1 PURWAKARTA

Authors

  • Dede Supendi STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta
  • Wawan OKtiawan STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta
  • Maya Nurhidayah STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta
  • Dina Pebriani STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta
  • Sherina Dwiyanti STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta

Keywords:

Minat Wirausaha, kreatif, mandiri

Abstract

Kewirausahaan tidak hanya sebatas kecerdasan akademik dan keterampilan menghasilkan produk tetapi juga jiwa dinamis dalam menangkap tantangan dan resiko kemudian mengubahnya menjadi peluang dan potensi. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman dan minat siswa-siswi dalam dunia entrepreneur sehingga jumlah wirausaha tumbuh dan menciptakan peluang kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran. Dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa-siswi diberi pemahaman akan penting nya berwirausaha. Berwirausaha itu penuh resiko dan ketidakpastian , bisa sukses dan bisa gagal, untuk itu maka harus dilakukan dengan keberanian, keuletan serta tekad yang kuat, untuk mencapai usaha yang terus berkembang, unggul, mandiri dan dapat berkompetisi. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menumbuhkan minat untuk berwirausaha yang kreatif dan mandiri pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Purwakarta dengan cara sebagai berikut : a) memberikan penyuluhan dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam berwirausaha, b) memberikan motivasi dan pengetahuan ilmu kewirausahaan dan entrepreneurship, c) memberikan bekal kreatifitas dan pengenalan kewirausahaan secara mandiri sejak dini.

References

Badan Pusat Statistik. (2022). Berita Resmi Statistik.

Bygrave, W. D. (1995). The Portable MBA entrepreneurship. Binarupa Aksara.

Churchill, Neil, C., & Virginia, L. L. (1983). The Five Stages of Small Business Growth:Entrepreneurial Management. Harvard Business Review.

Fauzi Rosmerry R., Supendi, D (2022). Penyuluhan terhadap Orang Tua dalam Mendidik Prilaku Beribadah Anak. Jurnal Abmas, Juni 2022 Vol 22, No 1 (2022), DOI: https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47586

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2008). Entrepre-neurship (7th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Kemenaker. (2022). Data Publikasi.

Meredith, G. G., Nelson, R. E., & Nick, P. A. (1984). Kewirausahaan :teori dan praktek. Pustaka Binaman Pressindo.

Sargent, F. D. (1996). Memilih Bisnis Yang Menjajnjikan Keuntungan Melimpah,. Dinastindo Adiperkasa Internasional.

Samsuloh, M., Adriansah, A., & Supendi, D. (2023). Pendampingan Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Mengelola Sampah di Sungai Cihanjawar. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01).

Supendi, D. (2022). Balada Essay; 21 Opini Catatan Kecil. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Supendi, D., Supiana, P., & Ardiansyah, H. (2023). Pendampingan Pembentukan IKROMAH sebagai Upaya Preventif Kenakalan Remaja di Kampung Pasir Banteng Desa Cihanjawar. JANKA: Jurnal PengabdiAN Kepada MasyaraKAt, 2(2), 62-67.

Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. M. (2008). Essentials of Entre-preneurship and Small Business Management (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Downloads

Published

2024-03-14

How to Cite

Supendi, D., OKtiawan, W., Nurhidayah, M., Pebriani, D., & Dwiyanti, S. (2024). MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA YANG KREATIF DAN MANDIRI UNTUK SISWA SISWI SMA NEGERI 1 PURWAKARTA. ANREGURUTTA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56–64. Retrieved from https://jurnallppm.iaiasadiyah.ac.id/index.php/anregurutta/article/view/57

Issue

Section

Articles