PENGUATAN LITERASI RAMADAN: MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA SD DAN SMP DI MASJID AL-MUSLIMIN BULUPABBULU, SENGKANG
STRENGTHENING RAMADAN LITERACY: BUILDING RELIGIOUS CHARACTER IN ELEMENTARY AND JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT AL-MUSLIMIN MOSQUE BULUPABBULU, SENGKANG
Keywords:
literasi Ramadan, karakter religius, pembinaan remaja, pendidikan ber-basis masjidAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan karakter religius dan meningkatkan minat literasi pada siswa sekolah dasar dan menengah pertama melalui kegiatan Festival Literasi Ramadan di Masjid Al-Muslimin Bulupabbulu, Sengkang. Program ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap menurunnya minat baca dan pemahaman nilai-nilai agama di kalangan generasi muda. Metode yang digunakan meliputi pen-dekatan partisipatif melalui workshop interaktif, lomba menulis kreatif bernuansa Islami, tadarus Al-Qur'an berbasis pemahaman, dan pameran literasi. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada ke-mampuan literasi siswa, pengetahuan keagamaan, serta terbentuknya komunitas literasi masjid sebagai wadah berkelanjutan. Festival ini ber-hasil mengintegrasikan nilai-nilai spiritual Ramadan dengan aktivitas literasi yang menyenangkan, menciptakan model pembinaan karakter berbasis masjid yang efektif, dan memperkuat peran masjid sebagai pusat pendidikan masyarakat. Kegiatan ini merekomendasikan pent-ingnya program serupa secara berkesinambungan untuk memaksimalkan fungsi masjid dalam pengembangan literasi dan karakter generasi muda.
References
Abdullah, M. (2022). Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 110-125.
Al-Qardhawi, Y. (2020). Fiqh Puasa: Antara Ritual dan Transformasi Sosial. Terjemahan. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Azra, A. (2020). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Ten-gah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Farid, M. (2023). Revitalisasi Fungsi Masjid di Era Digital. Jurnal Studi Islam, 12(1), 45-60.
Gunawan, H. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Agama: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Haedar, N. (2022). Masjid Sebagai Pusat Peradaban: Telaah Historis dan Kontemporer. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Hamka. (2018). Dari Hati ke Hati: Tentang Agama, Sosial-Budaya, Politik. Jakarta: Gema Insani.
Hidayat, K. (2022). Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Her-meneutik. Bandung: Mizan.
Ismail, I. (2021). Manajemen Masjid Modern: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kuntowijoyo. (2021). Islam dan Peradaban: Menggali Makna-Makna Tersembunyi. Yogyakarta: IRCiSoD.
Latif, Y. (2021). Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia.
Lickona, T. (2019). Character Matters: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Keba-jikan Penting Lainnya. Terjemahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhaimin. (2022). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefek-tifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhsyanur. (2024). Menggali potensi, mengembangkan solusi: peran vital pengabdian masyarakat. Anregurutta: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1).
Mustari, M. (2023). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Ber-basis Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Naim, N. (2023). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bang-sa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurhidayat, A. (2023). Komunitas Literasi Berbasis Masjid: Model Pengembangan dan Dampak Sosialnya. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(1), 72-88.
Rachman, F. (2022). Tantangan Literasi di Era Digital: Penelusuran Dampak dan Solusi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rahman, F. (2021). Islam dan Modernitas: Tantangan Transformasi Intelektual. Bandung: Mizan.
Rauf, A. (2023). Model Pembinaan Literasi Integratif: Meng-gabungkan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 120-135.
Shihab, M. Q. (2019). Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Sukirno, S. (2021). Ekosistem Literasi: Menumbuhkan Budaya Baca Tulis yang Berkelanjutan. Yogyakarta: LKiS.
UNESCO. (2023). Literacy for All: Building a More Just and Peaceful World Through Education. Paris: UNESCO Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Hudayanti Mahas, Andi Utari Samsir , Baso Syafaruddin, M. Ikbal Nasir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.