EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI KELAS 5 SDN GARDU

THE EFFECTIVENESS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING IN IMPROVING STUDENT MORALS IN CLASS 5 OF SDN GARDU

Authors

  • Muhammad Fatih Amrulloh STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta
  • Yudi Sirojudin Syarief STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta
  • Muhammad Syabani Ridwanulloh STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta

Keywords:

pendidikan, akhlak, efektivitas pembelajaran, akhlak, efektivitas pembelajaran ,pendidikan agama islam

Abstract

Seringkali, masalah yang terjadi sekarang terkait dengan moral akhlak siswa atau kurangnya pelatihan siswa tentang etika dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan pendidikan agama Islam sebagai alat untuk meningkatkan kualitas akhlak siswa di sekolah. Metode deskriptif kualitatif—yang berarti menjelaskan secara rinci—dan observasi deskriptif kualitatif—yang berarti menjelaskan secara rinci, serta menggambarkan secara spesifik berdasarkan kegiatan yang dilakukan selama pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun tidak optimal, pembelajaran agama islam telah berhasil meningkatkan kualitas akhlak siswa di SD Gardu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa di SD Gardu baik, tetapi beberapa siswa memerlukan bimbingan dari orang tua, guru, dan lingkungan mereka. Guru Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk membimbing siswa dengan baik. Dalam lingkungan SD Gardu, kuliah pengabdian masyarakat meningkatkan moral siswa.

References

Amin, A. F. (2015). Islamic religious learning methods. IAIN Bengkulu Press.

Aminudin, A. W., Aliaras, W., & Moh, R. (2006). Building character and personality through Islamic religious education. Graha Ilmu.

Anonymous, T., & Asyafah, A. (2019). The basic concept of evalua-tion and its implications in evaluation of Islamic Religious Edu-cation learning in schools. Al-Tadzkiyyah: Journal of Islamic Education, 10(1).

Baharun, H. (2017). Curriculum development: Theory and practice (concepts, principles, approach and steps) PAI curriculum de-velopment. CV Cantrik Pustaka.

Elihami, E., & Shahid, A. (2018). The application of educational learning the religion of Islam in shaping an Islamic personal character. Edumaspul: Journal of Education, 2(1), 79–96.

Kuswanto, E. (n.d.). The role of PAI teachers in moral education in schools. Journal of Islamic Education, 6(2).

Mahfudh, S. (2007). Methodology of religious education. PT. Foster-ing Knowledge.

Mardani, D. (2015). AL-Qur'an and its translation. Prenada Media.

Muhaimin. (2008). Islamic education paradigm, efforts to effectively develop Islamic religious education in schools. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhsyanur. (2024). Menggali potensi, mengembangkan solusi: peran vital pengabdian masyarakat. Anregurutt: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nafisah. (2016). Moral development of students in Madrasah Diniyah Assalam Village Langgongsari, Cilongok District, Banyumas Regency. Guidance and Counseling Islam, 2(1), 1–12, 70–73.

Patoni, A. (2004). Methodology of Islamic religious education. Bina Ilmu.

Rubini. (2021). Scientific studies of general courses. Islamic Reli-gious College Syuhada Mosque Yogyakarta, Indonesia, 21(1).

Syahraini, P. (2016). Value internalization method-moral values in learning Islamic religious education at SMP Negeri 17 Palu City. Al-Wisdom: Journal of Religion and Science, 13(2), 110–27.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Amrulloh, M. F., Syarief, Y. S., & Ridwanulloh, M. S. (2025). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI KELAS 5 SDN GARDU: THE EFFECTIVENESS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING IN IMPROVING STUDENT MORALS IN CLASS 5 OF SDN GARDU. ANREGURUTTA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 28–40. Retrieved from https://jurnallppm.iaiasadiyah.ac.id/index.php/anregurutta/article/view/234

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.