EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI KELAS 5 SDN GARDU
THE EFFECTIVENESS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING IN IMPROVING STUDENT MORALS IN CLASS 5 OF SDN GARDU
Keywords:
pendidikan, akhlak, efektivitas pembelajaran, akhlak, efektivitas pembelajaran ,pendidikan agama islamAbstract
Seringkali, masalah yang terjadi sekarang terkait dengan moral akhlak siswa atau kurangnya pelatihan siswa tentang etika dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan pendidikan agama Islam sebagai alat untuk meningkatkan kualitas akhlak siswa di sekolah. Metode deskriptif kualitatif—yang berarti menjelaskan secara rinci—dan observasi deskriptif kualitatif—yang berarti menjelaskan secara rinci, serta menggambarkan secara spesifik berdasarkan kegiatan yang dilakukan selama pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun tidak optimal, pembelajaran agama islam telah berhasil meningkatkan kualitas akhlak siswa di SD Gardu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa di SD Gardu baik, tetapi beberapa siswa memerlukan bimbingan dari orang tua, guru, dan lingkungan mereka. Guru Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk membimbing siswa dengan baik. Dalam lingkungan SD Gardu, kuliah pengabdian masyarakat meningkatkan moral siswa.
References
Amin, A. F. (2015). Islamic religious learning methods. IAIN Bengkulu Press.
Aminudin, A. W., Aliaras, W., & Moh, R. (2006). Building character and personality through Islamic religious education. Graha Ilmu.
Anonymous, T., & Asyafah, A. (2019). The basic concept of evalua-tion and its implications in evaluation of Islamic Religious Edu-cation learning in schools. Al-Tadzkiyyah: Journal of Islamic Education, 10(1).
Baharun, H. (2017). Curriculum development: Theory and practice (concepts, principles, approach and steps) PAI curriculum de-velopment. CV Cantrik Pustaka.
Elihami, E., & Shahid, A. (2018). The application of educational learning the religion of Islam in shaping an Islamic personal character. Edumaspul: Journal of Education, 2(1), 79–96.
Kuswanto, E. (n.d.). The role of PAI teachers in moral education in schools. Journal of Islamic Education, 6(2).
Mahfudh, S. (2007). Methodology of religious education. PT. Foster-ing Knowledge.
Mardani, D. (2015). AL-Qur'an and its translation. Prenada Media.
Muhaimin. (2008). Islamic education paradigm, efforts to effectively develop Islamic religious education in schools. PT. Remaja Rosdakarya.
Muhsyanur. (2024). Menggali potensi, mengembangkan solusi: peran vital pengabdian masyarakat. Anregurutt: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Nafisah. (2016). Moral development of students in Madrasah Diniyah Assalam Village Langgongsari, Cilongok District, Banyumas Regency. Guidance and Counseling Islam, 2(1), 1–12, 70–73.
Patoni, A. (2004). Methodology of Islamic religious education. Bina Ilmu.
Rubini. (2021). Scientific studies of general courses. Islamic Reli-gious College Syuhada Mosque Yogyakarta, Indonesia, 21(1).
Syahraini, P. (2016). Value internalization method-moral values in learning Islamic religious education at SMP Negeri 17 Palu City. Al-Wisdom: Journal of Religion and Science, 13(2), 110–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fatih Amrulloh, Yudi Sirojudin Syarief, Muhammad Syabani Ridwanulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.