PENDAMPINGAN PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INDONESI MELALUI PELATIHAN MOETODE PEMBELAJARAN AKTIF DI MTs AS’ADIYAH PUTRI PUSAT SENGKANG

Authors

  • Muhsyanur Universitas Islam As'adiyah Sengkang
  • Gusni Universitas Islam As'adiyah Sengkang
  • Sri Verlin Universitas Islam As'adiyah Sengkang
  • Nurul Hudayanti Mahas Universitas Islam As'adiyah Sengkang

Keywords:

kompetensi pedagogik, pembelajaran aktif, pendampingan guru, pengaja-ran bahasa Indonesia, pengembangan profesional

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia melalui pelatihan metode pembelajaran aktif di MTs As'adiyah Putri Pusat Sengkang. Penelitian bertujuan untuk mening-katkan pemahaman dan implementasi guru terhadap berbagai strategi pembelajaran aktif di kelas. Melalui serangkaian sesi pendampingan dan pelatihan praktis, guru dibimbing untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih melibatkan siswa dan berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, melibatkan ob-servasi, wawancara, dan dokumentasi proses pelatihan. Hasil menunjuk-kan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru merancang dan men-erapkan metode pembelajaran aktif, yang menghasilkan interaksi kelas yang lebih dinamis dan keterlibatan siswa yang lebih tinggi. Program pen-dampingan ini telah berhasil berkontribusi pada pengembangan profesion-al guru bahasa Indonesia di institusi tersebut.

References

Alwasilah, A. C. (2018). Pokoknya kualitatif: Dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya. Jakarta.

Azra, A. (2018). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Kencana. Jakarta.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2019). Qualitative research for edu-cation: An introduction to theory and methods. Allyn & Bacon. Boston.

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications. Thou-sand Oaks, CA.

Darling-Hammond, L. (2017). Powerful teacher education: Lessons from exemplary programs. Jossey-Bass. San Francisco.

Ibrahim, M. (2020). Psikologi Pendidikan: Suatu Stimulus Awal. In M. dan I. Rumalean (Ed.), Forsiladi Pers (Vol. 7, Issue 2).

Joyce, B., & Showers, B. (2018). Student achievement through staff development. ASCD. Alexandria, VA.

Mahsun, M. (2020). Metode penelitian bahasa. Rajawali Pers. Jakar-ta.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications. Thousand Oaks, CA.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muhaimin. (2019). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Is-lam. Rajawali Pers. Jakarta.

Muhsyanur. (n.d.). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi melalui Penggunaan Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo.

Muhsyanur, Rahmatullah, A. S., Misnawati, Dumiyati, & Ghufron, S. (2021). The Effectiveness of “Facebook” As Indonesian Language Learning Media for Elementary School Student: Distance Learning Solutions in the Era of the COVID-19 Pandemic. Multicultural Education, 7(04), 38–47.

Muhyiddin Tahir, Muhsyanur, Dina Ramadhanti, L. F. (2024). Pemberdayaan guru madrasah melalui pendampingan menulis dan publikasi ilmiah. 1–10.

Nurgiyantoro, B. (2019). Penilaian pembelajaran bahasa. BPFE. Yogyakarta.

Rahman, A. (2020). Pendampingan profesional guru. Alfabeta. Ban-dung.

Rusman. (2021). Model-model pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Sanjaya, W. (2020). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana. Jakarta.

Silberman, M. L. (2019). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa. Bandung.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2018). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Wardani, I. G. A. K. (2021). Mengembangkan profesionalisme guru. Universitas Terbuka. Jakarta.

Zaini, H. (2018). Strategi pembelajaran aktif. CDSD. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-11-24

How to Cite

Muhsyanur, Gusni, Verlin, S., & Mahas, N. H. (2024). PENDAMPINGAN PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INDONESI MELALUI PELATIHAN MOETODE PEMBELAJARAN AKTIF DI MTs AS’ADIYAH PUTRI PUSAT SENGKANG. ANREGURUTTA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 44–55. Retrieved from https://jurnallppm.iaiasadiyah.ac.id/index.php/anregurutta/article/view/183

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.