MENGEMBANGKAN IMAJINASI DAN KREATIFITAS MELALUI KORAN BERKAS UNTUK MEMBUAT BONEKA PADA MURID SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

DEVELOPING IMAGINATION AND CREATIVITY THROUGH USED NEWSPAPERS TO CREATE DOLLS FOR STUDENTS AT SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Authors

  • Hidayati Desy Akademi Martiim Nusantara Banjarmasin

Keywords:

Kreratif, koran, dan boneka.

Abstract

majinasi merupakan daya pikir membentuk gambaran tentang sesuatu yang tidak ada pada indra yang didapat dari kenyataan atau pengalaman seseorang, dan Kreativitas belajar seringkali dianggap sebagai sesuatu ketrampilan yang didasarkan pada bakat alam, salah satunya pada benda yang sudah tidak dapat digunakan seperti koran, karena koran akan selalu terbit disetiap harinya dengan edisi terbaru, dengan demikian, akan memberikan manfaat yang terbaik pada pengasahan imajinas dan kreatifitas anak dalam kegiatan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya dari kreatiftas yang di asah nantinya akan menjadi motivasi dalam menambah uang saku mereka. Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin, pelaksanaan ini diberikan untuk murid smp kelas VIIA hal ini karena masa imajinasi anak-anak dari kreatifitas tangan dan apa yang dipikirkan, jumlah murid tersebut ada 25 peserta, dengan demikian dapat dibagi menjadi beberapa kelompok pada pembuatan boneka berbahan kertas koran tersebut.Survei lapangan pada tahap pelaksanaan PkM, dengan metode survey yang dilakukan dengan wawancana dan pengamatan lapangan, koordinasi Tim PkM beserta guru yang ada di SMP Negeri 25, tentang cara diskusi dan pelaksanaan untuk diberikan materi dan praktik kepada murid kelas tersebut. Selain itu, perlunya persiapan bahan dan alat yang diperkukan untuk materi yang diberikan kepada Murid kelas VIIA tersebut. Mengembangkan Imajinasi dan Kreatifitas Melalui Koran Berkas Untuk Membuat Boneka Pada Murid Smp Negeri 25 Banjarmasin, memberikan hasil yang lucu dan unik, karena berdasarkan imajinasi dan kreatifitas anak dalam kelompok tersebut, tentu menghaslkan karya yang dapat mengasah kemampuan nya baik di rumah dan tentunya di lingkungan sekitar bahwa benda yang sudah tidak dapat digunakan atau dibaca akan menjadi sebuah karya jika mampu mengembangkan dengan imajinasi, dan gtentunya kemudahan dari beberapa bahan yang ada di rumah.

References

Gunawan, A. (2022). Transformasi pendidikan seni dalam pengem-bangan kecakapan hidup siswa: Studi kasus di sekolah menengah perkotaan. Jurnal Pendidikan Kontemporer, 15(2), 187-203.

Hermawan, D., & Puspitasari, L. (2023). Pengaruh pengembangan kreativitas terhadap kemampuan adaptasi dan pemecahan masalah: Studi longitudinal pada remaja Indonesia. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 45-62.

Hidayat, R., & Wijaya, S. (2023). Model pengembangan kreativitas berbasis proyek: Studi komparatif di 15 sekolah menengah In-donesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 276-294.

Kurniawan, B., Fadillah, A., & Haryanto, S. (2021). Dampak kegiatan seni kolaboratif terhadap keterampilan sosial siswa SMP: Studi etnografis di Kalimantan. Jurnal Antropologi Pendidikan, 9(2), 134-152.

Mahmudah, F. (2022). Korelasi antara partisipasi dalam proyek daur ulang kreatif dengan literasi lingkungan pada pelajar SMP. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 14(1), 67-84.

Muhsyanur. (2021). Pemodelan dalam pembelajaran mendesain pembelajaran menjadi berkarakter dan berkualitas. Bandung: Forum Silatuhrami Doktor Indonesia (FORSILADI).

Nuraini, E. (2023). Pendidikan seni berbasis proyek: Implementasi dan dampaknya terhadap perkembangan kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Seni, 10(2), 112-129.

Prasetyo, T., & Nugroho, D. (2022). Analisis proses kognitif dalam pembuatan karya seni dari bahan daur ulang pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 7(3), 215-232.

Rahardjo, S. (2023). Ekspresi diri dalam seni kolaboratif: Perannya dalam pengembangan keterampilan sosial remaja. Jurnal Studi Remaja, 5(1), 42-59.

Sartono, B. (2021). Pengembangan kreativitas melalui pemanfaatan bahan daur ulang dalam pembelajaran seni budaya. Jurnal Pendidikan Seni, 8(2), 95-113.

Sutrisno, M. (2020). Pendidikan seni sebagai strategi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Jurnal Inovasi Pendidi-kan, 9(4), 312-327.

Wardani, E. (2021). Integrasi literasi lingkungan dalam pembelajaran seni budaya: Perspektif keberlanjutan. Jurnal Pendidikan Ling-kungan Indonesia, 12(3), 178-195.

Widiastuti, H. (2022). Efektivitas pembelajaran berbasis kreativitas dengan pemanfaatan bahan daur ulang terhadap keterampilan motorik dan imajinasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 11(2), 124-142.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Desy, H. (2025). MENGEMBANGKAN IMAJINASI DAN KREATIFITAS MELALUI KORAN BERKAS UNTUK MEMBUAT BONEKA PADA MURID SMP NEGERI 25 BANJARMASIN: DEVELOPING IMAGINATION AND CREATIVITY THROUGH USED NEWSPAPERS TO CREATE DOLLS FOR STUDENTS AT SMP NEGERI 25 BANJARMASIN . ANREGURUTTA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 72–83. Retrieved from https://jurnallppm.iaiasadiyah.ac.id/index.php/anregurutta/article/view/254

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.