MENEBARKAN NILAI-NILAI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN MELALUI SEMINAR KE-AS'ADIYAHAN SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN CINTA
SPREADING THE VALUES OF RAHMATAN LIL ‘ALAMIN THROUGH THE AS'ADIYAHAN SEMINAR AS A CENTER FOR LOVE EDUCATION
Keywords:
rahmatan lil ‘alamin, ke-as'adiyahan, pendidikan cinta, pesantren, pengabdian masyarakatAbstract
Pengabdian kepada masyarakat melalui Seminar Ke-As'adiyahan sebagai Pusat Pendidikan Cinta yang diselenggarakan di Pondok Pesantren As'adiyah Baburrahman Galung Beru Bulukumba bertujuan untuk mene-barkan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin di kalangan santri. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 16 Februari 2025 ini menggunakan metode partisipatif-edukatif dengan melibatkan 120 santri sebagai peserta dan dua narasumber yaitu Dr. KM. Tarmizi Tahir, S.H.I., M.H.I. dan KM. Rusli Rahman, S.Fil.I., M.Pd. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pema-haman santri tentang konsep rahmatan lil ‘alamin dan nilai-nilai ke-As'adiyahan, dari 35% menjadi 75% santri yang memiliki pemahaman baik. Seminar ini juga telah mendorong lahirnya inisiatif-inisiatif baru dari para santri, seperti program "Santri Menyapa", "Forum Dialog Antar Iman", "Pesantren Hijau", dan "Literasi Digital Santri". Untuk memastikan keberlanjutan program, telah disusun strategi yang meliputi pembentukan "Duta Rahmatan lil ‘alamin", integrasi nilai-nilai dalam kurikulum pe-santren, dan pembangunan jaringan dengan pesantren-pesantren As'adi-yah lainnya. Pengabdian kepada masyarakat ini telah berkontribusi dalam menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin yang diharapkan dapat men-jadi bekal bagi para santri dalam berperan sebagai agen perubahan di masyarakat.
References
Abdullah, A. (2022). Nilai-nilai ke-As'adiyahan dalam pembentukan karakter santri. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 210-225.
Azra, A. (2020). Islam Indonesia: Kontestasi dan moderasi di era kontemporer. Mizan.
Bruinessen, M. V. (2018). Kitab kuning, pesantren, dan tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Gading Publishing.
Dhofier, Z. (2019). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia (Edisi revisi). LP3ES.
Halim, W. (2021). Jaringan intelektual As'adiyah di Sulawesi Selatan. Jurnal Studi Islam, 12(1), 45-60.
Hamid, A. (2023). Pesantren dan pengabdian masyarakat: Sebuah refleksi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(1), 78-93.
Huda, M. (2022). Pendidikan berbasis cinta: Tinjauan teoritis dan implementasi. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 125-140.
Latif, Y. (2021). Negara paripurna: Historisitas, rasionalitas, dan ak-tualitas Pancasila. Gramedia Pustaka Utama.
Mastuhu. (2023). Dinamika sistem pendidikan pesantren: Suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS.
Muhsyanur. (2024). Menggali potensi, mengembangkan solusi: peran vital pengabdian masyarakat. 1(1).
Nasr, S. H. (2018). Islam dalam cita dan fakta (Terjemahan). Lem-baga Studi Agama dan Filsafat.
Rachman, B. M. (2021). Ensiklopedi Nurcholish Madjid: Pemikiran Islam di kanvas peradaban. Mizan.
Rahman, F. (2020). Islam dan modernitas: Tentang transformasi intelektual (Terjemahan). Pustaka.
Saifuddin, A. (2021). Metode pembelajaran di pesantren: Tradisi dan inovasi. Jurnal Pendidikan Pesantren, 10(2), 115-130.
Zuhdi, M. (2019). Modernisasi pesantren: Pergeseran tradisi dan pudarnya kiai. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 55-70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasfiana, Tarmizi Tahir, Andi Yuyung, Muh. Yasin Ceh Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.