ENHANCING PROFESSIONALISM FOR ENGLISH TEACHERS AT MADRASAH TSANAWIYAH WHO HAVE RECENTLY COMPLETED PPG IN BANTUL REGENCY
PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH YANG BARU SELESAI MENYELESAIKAN PPG DI KABUPATEN BANTUL
Keywords:
teacher professionalism, English language teaching, Madras-ah Tsanawiyah, PPG graduates, professional developmentAbstract
This conceptual paper explores the strategies for enhancing professional-ism among English teachers at Madrasah Tsanawiyah in Bantul Regency who have recently completed the Teacher Professional Education Pro-gram (PPG). The study identifies the challenges faced by novice teachers in implementing their theoretical knowledge in classroom practices and proposes a comprehensive framework to support their professional devel-opment. Through analysis of relevant literature and contextual factors specific to Madrasah Tsanawiyah in Bantul, the research identifies four key pillars of teacher professionalism enhancement: continuous reflective practice, collaborative learning communities, technology integration, and cultural sensitivity in language teaching. The paper argues that a holistic approach addressing both pedagogical skills and socio-cultural awareness is necessary for effective English language teaching in Islamic educational contexts. The findings suggest that systematic mentoring programs, regu-lar professional development workshops, and institutional support mecha-nisms are critical for sustaining the professional growth of newly certified English teachers. This research contributes to the discourse on teacher professionalism by offering context-specific insights for Islamic educational institutions and provides practical recommendations for educational stake-holders in Bantul Regency.
Downloads
References
Fatimah, S., Rahman, A., & Widodo, H. P. (2024). Identitas ganda dalam pengajaran: Kebutuhan pengembangan profesional guru Bahasa Inggris di sekolah Islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Internasional, 12(1), 45-62.
Hasibuan, Z. A., Johnson, P., & Williams, M. (2021). Integrasi teknologi dalam pengajaran bahasa: Tantangan dan peluang bagi guru Bahasa Inggris Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidi-kan dalam Pembelajaran Bahasa, 9(2), 217-235.
Kurniawati, D., Thompson, L., & Garcia, E. (2022). Faktor kontekstu-al yang mempengaruhi pengajaran Bahasa Inggris di berbagai setting pendidikan Indonesia. Jurnal TESOL, 13(3), 418-436.
Nashruddin, W. (2020). Negosiasi identitas dalam pengajaran EFL: Studi kasus guru sekolah Islam Indonesia. Jurnal Bahasa, Identitas & Pendidikan, 19(4), 256-269.
Rahmawati, Y., Anderson, K., & Martinez, C. (2021). Pengembangan identitas profesional guru baru di Indonesia: Tantangan dan sistem pendukung. Pengembangan Profesional dalam Pen-didikan, 47(5), 751-769.
Rahman, A., Wilson, S., & Rodriguez, M. (2022). Pedagogi bahasa responsif budaya dalam konteks pendidikan Islam. Jurnal In-ternasional Multilingualisme, 19(3), 412-429.
Setiawati, L., Robinson, K., & Chavez, M. (2023). Kerangka mentor-ing untuk guru Bahasa Inggris pemula di sekolah keagamaan Indonesia. Pengembangan Guru, 27(1), 79-96.
Sulistiyo, U., Davidson, P., & Hartono, R. (2020). Sertifikasi guru dan pengembangan profesional di Indonesia: Tantangan dan im-plikasi untuk kualitas pendidikan. Jurnal Linguistik Terapan In-donesia, 10(1), 11-24.
Suryani, A., Thompson, E., & Hernandez, L. (2023). Komunitas pembelajaran profesional untuk guru Bahasa Inggris di sekolah berbasis agama: Studi kasus dari Jawa. Pengajaran dan Pen-didikan Guru, 121, 103902.
Widodo, H. P., & Riandi, A. (2021). Dampak pendidikan profesi guru (PPG) terhadap praktik kelas guru Bahasa Inggris: Studi longi-tudinal. Jurnal Pendidikan Guru Asia-Pasifik, 49(2), 193-209.
Ahmad, F., & Mitchell, R. (2020). Mengembangkan kompetensi inter-kultural dalam pengajaran Bahasa Inggris: Perspektif dari sekolah Islam Indonesia. Jurnal Internasional Hubungan Antarbudaya, 74, 115-129.
Anwar, K., Smith, J., & Perez, C. (2021). Literasi digital di kalangan guru Bahasa Inggris di pesantren: Tantangan dan peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Masyarakat, 24(3), 118-131.
Dewi, M., Anderson, J., & Chen, L. (2022). Praktik reflektif dalam pengajaran bahasa: Studi pertumbuhan profesional guru Indo-nesia. Praktik Reflektif, 23(2), 245-261.
Fajriah, N., Williams, P., & Lopez, A. (2023). Preferensi pengem-bangan profesional berkelanjutan di kalangan guru Bahasa Inggris di Madrasah: Studi metode campuran. Pengajaran dan Pendidikan Guru, 119, 103841.
Hidayati, T., Brown, S., & Fernandez, E. (2021). Mentoring berbasis sekolah untuk guru Bahasa Inggris pemula: Studi kasus dari Jawa Tengah. Mentoring & Tutoring: Kemitraan dalam Pem-belajaran, 29(2), 148-167.
Indrawati, T., Richards, C., & Morales, M. (2022). Penelitian tindakan kolaboratif sebagai pengembangan profesional: Pengalaman guru Bahasa Inggris di sekolah Islam Indonesia. Penelitian Tindakan Pendidikan, 30(3), 459-477.
Junaidi, A., Harris, K., & Santos, D. (2020). Pengembangan materi ajar Bahasa Inggris untuk Madrasah Tsanawiyah: Menginte-grasikan nilai-nilai Islam dan kompetensi komunikatif.
Mardiah, H., Johnson, L., & Gomez, R. (2023). Agensi guru dalam implementasi kurikulum: Suara guru Bahasa Inggris di Mad-rasah Indonesia. Jurnal Kurikulum, 34(2), 328-346.
Nugroho, A., Peterson, J., & Wong, K. (2021). Kebutuhan pembela-jaran profesional guru Bahasa Inggris di sekolah menengah Is-lam Indonesia: Studi kualitatif. Pengembangan Profesional da-lam Pendidikan, 47(4), 622-639.
Putri, N., Gonzalez, M., & Lee, S. (2022). Memahami peran kepem-impinan sekolah dalam mendukung pengembangan profesion-al guru Bahasa Inggris di sekolah Islam Indonesia. Kepem-impinan & Manajemen Sekolah, 42(1), 80-98.
Raharjo, S., Mitchell, T., & Ramirez, G. (2020). Integrasi teknologi dalam pengajaran Bahasa Inggris: Perspektif dari guru Mad-rasah di Indonesia. Jurnal Internasional Pendidikan dan Pengembangan menggunakan TIK, 16(1), 51-67.
Rohmah, Z., Taylor, P., & Kim, J. (2021). Menegosiasikan nilai-nilai Islam dalam pengajaran bahasa komunikatif: Tantangan yang dihadapi guru Bahasa Inggris di Madrasah Indonesia. Bahasa, Budaya dan Kurikulum, 34(3), 299-317.
Utami, D., Miller, S., & Ortega, L. (2023). Pengembangan identitas profesional guru Bahasa Inggris selama awal karir mereka di sekolah Islam Indonesia. Jurnal RELC, 54(1), 127-143.
Widyastuti, S. (2023). Pendekatan komunikatif terintegrasi nilai da-lam pengajaran Bahasa Inggris: Perspektif dari guru Madrasah Tsanawiyah Indonesia. Jurnal TEFLIN, 34(1), 67-86.
Yusuf, M., Phillips, J., & Rodriguez, S. (2022). Tantangan dalam menerapkan pendekatan berpusat pada peserta didik dalam pengajaran Bahasa Inggris: Studi kasus Madrasah Tsanawi-yah di pedesaan Indonesia. Inovasi dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, 16(2), 178-194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Multazam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.