MENGGALI POTENSI MENULIS SISWA MELALUI KELAS KEPENULISAN YANG INOVATIF DI SDN JATIRAGAS 2
UNLOCKING STUDENTS' WRITING POTENTIAL THROUGH INNOVATIVE WRITING CLASSES AT JATIRAGAS 2 ELEMENTARY SCHOOL
Keywords:
Kelas, Kepenulisan, Keterampilan, anak-anak, sekolah dasar, potensiAbstract
Kelas kepenulisan merupakan salah satu cara efektif untuk mengem-bangkan keterampilan menulis anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelas kepenulisan terhadap ket-erampilan menulis anak-anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kepenulisan dapat meningkatkan keterampilan menulis anak-anak sekolah dasar. Ket-erampilan menulis yang paling banyak meningkat adalah keterampilan menulis naratif. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan program kepenulisan di sekolah dasar.
References
Annandale, R. (2019). Pre-handwriting skills learners should master at the beginning of grade 1. Literacy Information and Computer Education Journal, 10(3), 3258–3263. https://doi.org/10.20533/LICEJ.2040.2589.2019.0428
Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Rajawali Pers.
Dinehart, L. H. (2015). Handwriting in early childhood education: Cur-rent research and future implications. Journal of Early Child-hood Literacy, 15(1), 97–118. https://doi.org/10.1177/1468798414522825
Duiser, I. H. F., Ledebt, A., van der Kamp, J., & Savelsbergh, G. J. P. (2020). Persistent handwriting problems are hard to predict: A longitudinal study of the development of handwriting in primary school. Research in Developmental Disabilities, 97, Article 103551. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2019.103551
Gunawan, P. N., & Heryanto, D. (2019). Metode drill untuk mening-katkan kemampuan menulis permulaan berdasarkan PUEBIDI sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, 4(2), 284–292.
Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2018). Pengembangan media lit-erasi big book untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 184–198. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/945/883
Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur. (2018). Investigating think talk write (TTW) learning model to enhance primary students' writ-ing skill. Journal of Teaching and Learning in Elementary Edu-cation, 1(1), 52-59.
Maisyaroh, Mustiningsih, Juharyanto, Sa'id, M., Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Saputra, B. R. (2021). Pendampingan guru madrasah dalam evaluasi pembelajaran melalui aplikasi quizizz. JPPNu (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara), 3(2), 51–60.
Muhsyanur. (n.d.). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi melalui Penggunaan Media Iklan Layanan Masyarakat pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo.
Muhsyanur. (2014). Membaca: Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Penerbit Buginese Art, Yogyakarta-Indonesia/ https://books.google.co.id ….
Muhsyanur. (2019). Pengembangan Keterampilan Membaca: Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Uniprima Press, Sengkang-Indonesia/ https://books.google.co.id/books?id ….
Muhsyanur. (2021). Pemodelan dalam pembelajaran mendesain pembelajaran menjadi berkarakter dan berkualitas. Forum Silatuhrami Doktor Indonesia (FORSILADI).
Mustadi, A., Murtiningsih, Lestari, D. P., & Amalia, E. (2019). Learn-ing module for elementary school students. In International Conference on Meaning Education (pp. 252-260). Knowledge E Social Sciences.
Nuryani, K. E. S. (2019). Pengembangan melalui pembelajaran menulis di sekolah dasar. [Penerbit tidak teridentifikasi].
Sheedy, A. J., Brent, J., Dally, K., Ray, K., & Lane, A. E. (2021). Handwriting readiness among digital native kindergarten stu-dents. Journal of Occupational Therapy, Schools, & Early In-tervention, 14(3), 272-289. https://doi.org/10.1080/01942638.2021.1912247
Yunus, A., Mulyati, T., & H. Y. (2020). Pembelajaran literasi. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susilawati, Enan Kusnandar, AD Kusumaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.