PELATIHAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB BAGI ANAK DI DESA NEGLASARI

THE ARABIC LANGUAGE COURSE TRAINING FOR CHILDREN IN NEGLASARI VILLAGE

Authors

  • Hasna Nabila Hasna STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta
  • Tajul Muttaqin STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta
  • Tb. Abdul Hamid STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta

Keywords:

Participatory Action Research, Pelatihan Bahasa Arab, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, Lembaga Kursus, Anak-anak

Abstract

Pelatihan bahasa Arab bagi anak-anak memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan bahasa serta pemahaman agama mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan bahasa Arab di lembaga kursus di Desa Neglasari dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Metode ini memungkinkan partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengajar, peserta didik, dan orang tua dalam proses penelitian dan pengembangan program. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD). Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa metode pembelajaran yang menggabungkan pendekatan tradisional dan modern mampu meningkatkan penguasaan kosakata serta motivasi belajar anak-anak. Namun, tantangan utama yang dihadapi ada-lah rendahnya kesadaran orang tua tentang pentingnya bahasa Arab dan keterbatasan waktu belajar di sekolah formal. Sebagai bagian dari siklus PAR, solusi yang dikembangkan meliputi sosialisasi kepada orang tua mengenai manfaat belajar bahasa Arab, penggunaan media interaktif dalam pembelajaran, serta pengaturan jadwal belajar yang lebih fleksibel. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan bahasa Arab di Desa Ne-glasari memberikan manfaat yang signifikan, tetapi masih membutuhkan penguatan strategi pembelajaran dan dukungan dari berbagai pihak agar hasilnya lebih optimal dan berkelanjutan.

References

Adrian, R., Sentiya, E., Latifah, R., & Rahmawati, V. (2024). Pen-dampingan dalam mengenalkan kosa kata Bahasa Arab ter-hadap anak-anak di Desa Cempaka Mulia Barat melalui pojok litrasi Islami program mahasiswa KKN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 45-58.

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., Alfiansyah, I., Sukaris, S., Ernawati, E., & Rahim, A. R. (2021). PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1139–1148.

Auliani, R., Nasution, D. A., Fawaz, R. A., & Lubis, H. Z. (2025). Pentingnya pembelajaran Bahasa Arab sejak dini untuk mem-bentuk dasar keagamaan anak. Jurnal Genta Mulia, 16(1), 1–7.

Gunawan, A. (2022). Transformasi pendidikan seni dalam pengem-bangan kecakapan hidup siswa: Studi kasus di sekolah menengah perkotaan. Jurnal Pendidikan Kontemporer, 15(2), 187-203.

Hakim, L. (2023). Sistem pembelajaran Bahasa Arab di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Bahasa Arab Nurul Iman Parung-Bogor. Ta'limi| Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(2), 125–138.

Hermawan, D., & Puspitasari, L. (2023). Pengaruh pengembangan kreativitas terhadap kemampuan adaptasi dan pemecahan masalah: Studi longitudinal pada remaja Indonesia. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 45-62.

Hidayat, R., & Wijaya, S. (2023). Model pengembangan kreativitas berbasis proyek: Studi komparatif di 15 sekolah menengah In-donesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 276-294.

Hulfah, S., Fauzi, A., Astuti, W., Ubaydillah, S., & Nurseha, A. (2023). Meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui pro-gram LEBAR (Les Bahasa Arab) pada anak di Desa Sumber-sari, Kiarapedes, Purwakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1038–1043. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.300

Khisan, A. D., Ichrom, M., Pambudi, R. I., & Al, S. R. (2024). Pro-gram bimbel dalam upaya meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa usia sekolah dasar di Desa Karangmalang Wetan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 1(3), 19–24.

Kurniawan, B., Fadillah, A., & Haryanto, S. (2021). Dampak kegiatan seni kolaboratif terhadap keterampilan sosial siswa SMP: Studi etnografis di Kalimantan. Jurnal Antropologi Pendidikan, 9(2), 134-152.

Luthfi, T. (2021). Hubungan mata pelajaran muatan lokal Bahasa Arab terhadap kemampuan baca tulis Al-Quran pada siswa ke-las IX (sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 76–89. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05

Mahmudah, F. (2022). Korelasi antara partisipasi dalam proyek daur ulang kreatif dengan literasi lingkungan pada pelajar SMP. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 14(1), 67-84.

Nuraini, E. (2023). Pendidikan seni berbasis proyek: Implementasi dan dampaknya terhadap perkembangan kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Seni, 10(2), 112-129.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31.

Prasetyo, T., & Nugroho, D. (2022). Analisis proses kognitif dalam pembuatan karya seni dari bahan daur ulang pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 7(3), 215-232.

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan kualitas UMKM berbasis digital dengan metode participatory action research (PAR). Community De-velopment Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81.

Rahardjo, S. (2023). Ekspresi diri dalam seni kolaboratif: Perannya dalam pengembangan keterampilan sosial remaja. Jurnal Studi Remaja, 5(1), 42-59.

Ritonga, A. S., & Muhandhis, I. (2021). Teknik data mining untuk mengklasifikasikan data ulasan destinasi wisata menggunakan reduksi data principal component analysis (PCA). Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 7(2), 124–133.

Sartono, B. (2021). Pengembangan kreativitas melalui pemanfaatan bahan daur ulang dalam pembelajaran seni budaya. Jurnal Pendidikan Seni, 8(2), 95-113.

Sutrisno, M. (2020). Pendidikan seni sebagai strategi pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Jurnal Inovasi Pendidi-kan, 9(4), 312-327.

Wardani, E. (2021). Integrasi literasi lingkungan dalam pembelajaran seni budaya: Perspektif keberlanjutan. Jurnal Pendidikan Ling-kungan Indonesia, 12(3), 178-195.

Widiastuti, H. (2022). Efektivitas pembelajaran berbasis kreativitas dengan pemanfaatan bahan daur ulang terhadap keterampilan motorik dan imajinasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 11(2), 124-142.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Hasna, H. N., Muttaqin, T., & Hamid, T. A. (2025). PELATIHAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB BAGI ANAK DI DESA NEGLASARI: THE ARABIC LANGUAGE COURSE TRAINING FOR CHILDREN IN NEGLASARI VILLAGE. ANREGURUTTA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 84–93. Retrieved from https://jurnallppm.iaiasadiyah.ac.id/index.php/anregurutta/article/view/237

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.